PENGARUH BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PENGETAHUAN GIZI DAN ASUPAN GIZI MAKRO SISWA KELAS V DI SDN 40 PONTIANAK UTARA
Keywords:
Media buku cerita bergambar, Pengetahuan, Giz, Asupan Gizi Makro, , Siswa SDN 40 Pontianak UtaraAbstract
Latar Belakang :Anak usia sekolah dasar (6–12 tahun) berada dalam fase pertumbuhan dan perkembangan yang pesat sehingga membutuhkan asupan zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang cukup. Namun, beberapa penelitian menunjukkan masih banyak anak usia sekolah yang mengalami kekurangan asupan gizi makro,yang dapat berdampak pada ganggua n pertumbuhan, konsentrasi belajar, hingga prestasi akademik. Salah satu faktor utama penyebab rendahnya asupan gizi tersebut adalah kurangnya pengetahuan gizi pada anak. Oleh karena itu, diperlukan upaya edukasi gizi yang menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.Penggunaan media buku cerita bergambar merupakan salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan mendorong perubahan perilaku makan anak. Tujuan:Untuk mengetahui pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap tingkat pengetahuan dan asupan zat gizi makro di kelas V SDN 40 Pontianak Utara. Metode:Penelitian ini adalah pre-experimental dengan rancangan pretest-posttest one group design subjek penelitian adalah anak sekolah kelas V di SD N 40 Pontianak Utara.Sebanyak 30 sampel. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara langsung serta tanya jawab. Data analisis dengan menggunakan wilcoxon untuk melihat perbedaan pengaruh pemberian media dan pengetahuan gizi sebelum dan setelah diberikan intervensi. Hasil:Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan asupan zat gizi Makro antara sebelum dan setelah diberikan edukasi gizi terjadi peningkatan p-value< 0,005.
Kata Kunci: Media buku cerita bergambar, Pengetahuan, Gizi, Asupan Gizi Makro, Siswa SDN 40 Pontianak Utara.